5 Plugin Wajib di Install Untuk WordPress Self-Hosted

5 plugin wordpress wajib install

WordPress self-hosted merupakan wordpress yang di jalankan di server sendiri. Jadi kita harus menyediakan domain dan server sendiri. Jika sudah menginstall wordpress, hal yang perlu dilakukan adalah menginstall plugin guna meningkatkan performance website dan kebutuhan SEO (Search Engine Optimization). Untuk itu saya merekomendasikan 5 plugin wajib di install untuk WordPress Self-Hosted.

Di blog saya hanya menggunakan 5 plugin wordpress umum yang harus di gunakan untuk blog / webiste. Untuk 5 plugin tersebut dapat di download gratis di direktori plugin wordpress.org atau dapat melalui menu di wordpress Plugins > Add New. Sebenarnya kita dapat menginstall lebih dari 5, disesuaikan kebutuhan blog masing – masing. Untuk blog personal seperti blog saya, 5 plugin tersebut sudah cukup untuk meningkatkan performance agar tidak terasa berat ketika dikunjungi dan SEO on page agar dapat muncul di halaman pencarian google. Berikut 5 Plugin Wajib di Install Untuk WordPress Self-Hosted.

  1. Akismet Anti Spam
  2. All in One SEO Pack
  3. Jetpack by WordPress.com
  4. W3 Total Cache
  5. WP-Optimize – Clean, Compress, Cache

5 Plugin WordPress Wajib di Install

1. Akismet Anti Spam

Akismet Anti Spam isnu.web.id
Total Spam Comments yang masuk di blog isnu.web.id

Akismet Anti Spam merupakan plugin untuk melindungin blog dari spam comment yang dilakukan oleh para bot. Biasanya bot melakukan spam komentar untuk mendapatkan backlink atau menawarkan produk promo dikolom komentar. Dengan menggunakan Askimet, kita tidak perlu melakukan pengecekan manual untuk komentar yang masuk. Biar plugin Akismet yang bekerja.

2. All in One Seo Pack

All in One Seo Pack merupakan plugin untuk Search Engine Optimization (SEO) agar website / blog kita dapat mudah di baca oleh mesin pencarian seperti Google dan dapat muncul di halaman pertama pencarian. Plugin ini cukup mudah digunakan untuk pemula. Hal yang perlu dilakukan setiap posting artikel baru di blog, kita wajib mengisi pengaturan All in One Seo Pack yang berada di bawah kolom pada saat membuat artikel. Terdapat pilihan Main Settings untuk mesin pencarian seperti google dan Social Settings untuk media sosial seperti twitter dan facebook. Mungkin di lain kesempatan saya akan ulas lebih lanjut mengenai plugin ini.

3. Jetpack by WordPress.com

statistik pengunjung isnu.web.id dari plugin jetpack
Statistik Pengunjung isnu.web.id Dari plugin Jetpack

Jetpack by wordpress.com merupakan plugin resmi yang dikeluarkan wordpress dengan fitur yang sangat lengkap. Dengan plugin jetpack ini, kita dapat memonitoring website kita melalu aplikasi wordpress di smartphone android kita. Dari memantau pengunjung, komentar yang masuk, membuat posting baru dan lain – lain. Untuk fitur lainnya akan saya ulas di lain kesempatan di artikel tersendiri.

4. W3 Total Cache

w3 total cache

W3 Total Cache merupakan plugin wordpress self-hosted untuk meningkatkan kecepatan website saat di akses. Plugin ini wajib karena pada umumnya pengunjung mengunjungi website kita untuk memperoleh informasi. Jika dalam proses tersebut website kita loading sangat lama, pastinya pengunjung akan menutup website kita dan mencari informasi di website lain. Pada umumnya plugin ini membuat cache agar pengujung dapat mengakses website kita secara cepat tanpa menghilangkan fitur yang ada di website kita. Untuk mengulas setiap fungsi plugin ini diperlukan artikel sendiri. Lain kali jika sempat akan saya ulas.

5. WP Optimize – Clean, Compress, Cache

WP Optimize plugin wordpress
Informasi mengenai status plugin WP Optimize

WP Optimize sebenarnya hampir mirip seperti W3 Total Cache. Namun WP Optimize lebih fokus untuk optimasi database yang disimpan di server. Database perlu di optimize agar website kita dapat bekerja secara cepat ketika pengunjung memerlukan informasi yang disimpan di database.

Mungkin itu saja 5 Plugin wordpress yang wajib di install menurut rekomendasi saya. Anda dapat menambahkan plugin lain sesuai dengan kebutuhan website atau blog anda masing – masing. Namun, saran saya plugin yang sekiranya tidak sangat diperlukan lebih baik di hapus atau di non-aktifkan. Karena dapat memberatkan server website wordpress kita sendiri. Selain itu juga dapat memperlambat dalam menampilkan website saat pengunjung datang ke website kita, karena pengunjung pada umumnya hanya memerlukan informasi.

Tinggalkan Balasan